Langsung ke konten utama

5 Tips Bagi Wanita Sebelum Menjadi Gundul

My crown is my whole body inside and out.



Memiliki rambut indah dan menawan merupakan dambaan setiap wanita. Tak heran banyak dari mereka yang rela mengeluarkan biaya cukup mahal hanya untuk mendapatkan rambut yang mempesona. Tetapi tak dapat dipungkiri bahwa ada sebagian wanita yang memilih untuk memangkas habis rambut mereka dan menjadi gundul. Berbagai alasan jadi penyebabnya. Mulai dari trend fashion hingga masalah rambut yang dialami.

Mencukur habis rambut dan menjadi gundul merupakan hal yang tidak mudah bagi seorang wanita. Tentu saja harus disertai dengan berbagai pertimbangan. Nah, apa saja hal yang perlu diketahui wanita sebelum menjadi gundul? Berikut alasannya.

1. Persiapkan Mental


Mempersiapkan mental adalah langkah yang penting dilakukan sebelum mengambil keputusan untuk menjadi gundul terutama pada wanita. Mengapa? Karena tentu saja setelah mencukur rambut, kita pasti akan mendapatkan banyak "perhatian".

Tak dapat dipungkiri bahwa masih ada sebagian orang yang memiliki stigma negatif tentang wanita yang gundul. Tetapi yang harus diketahui adalah setiap orang memiliki pandangan dan pola pikir yang berbeda. Kita tidak dapat membuat semua orang bahagia dengan keputusan yang kita ambil. Tetapi jika sudah menemukan alasan yang tepat dan tujuan yang ingin dicapai dari mencukur habis rambut, maka persiapkan mental kalian dan yakinlah bahwa hal ini untuk membuat hidup kalian lebih baik lagi.

2. Ekspektasi Bentuk Kepala 


Based on my own story, waktu itu saya menganggap bahwa saya memiliki bentuk kepala yang bulat dan tampak sempurna. Itulah yang ada dalam bayangan saya. Tetapi setelah dicukur, ternyata tidak sesuai ekspektasi.


To be honest, waktu itu memang saya tidak pernah memikirkan tentang bentuk kepala dan baru menyadarinya setelah selesai mencukur rambut. I buzzed out my hair by my own self. Inilah hal yang saya pelajari setelah menjadi gundul yaitu setiap orang memiliki bentuk kepala yang berbeda-beda. Maka, persiapkan diri dengan mengamati bentuk kepala kalian yah.

3. Referensi Outfit yang Sesuai

Referensi outfit ini diperlukan apabila kalian masih belum cukup percaya diri untuk keluar rumah setelah memangkas habis rambut kalian. Berdasarkan pengalaman yang saya alami, saya mencari beberapa referensi African head scarf dan Turban style.

Bukan karena belum cukup percaya diri, tetapi karena saya tidak ingin rekan kantor saya tahu bahwa saya mencukur rambut. Saya hanya tidak bisa membayangkan kalau saya harus menjelaskan alasan saya mencukur rambut ke semua orang yang saya temui di kantor. Seriously, it's kinda wasting time tho.

Setelah mencoba beberapa model head scarf, respon positif yang saya dapatkan adalah mereka menanyakan bagaimana cara membuat head scarf style, kata mereka saya terlihat lebih modis, bahkan saya sempat diberi beberapa kain jihab oleh teman kantor. Tetapi selain ke kantor, saya tidak memakai head scarf sama sekali. Menikmati sejuknya udara yang menyetuh langsung ke kulit kepala.

4. Menerima Diri Sendiri

This is the most important thing! Menghargai setiap bagian dari diri kita adalah hal utama yang harus kita lakukan. Sebaik apapun kita di mata orang lain, hal itu akan menjadi sia-sia apabila kita tidak bisa menerima diri sendiri. 

Saat kita bisa menerima diri kita sendiri, maka kepercayaan diri itu akan muncul. Kita harus menghargai sisi baik diri sendiri maupun kekurangan yang perlu diperbaiki, dan mensyukurinya.

Saran yang membangun itu penting, tetapi kritik yang menjatuhkan itu tidak baik untuk kesehatan mental kita. Kita dapat mengabaikan hal tersebut apabila kita mengerti seberapa bernilai hidup kita. Dengan begitu, kita bisa membuat kebahagiaan kita sendiri tanpa memikirkan anggapan negatif dari orang lain.

5. Perawatan Rambut yang Baru Tumbuh


Setelah gundul, tugas kalian belum selesai. Perlu diingat, gundul bukan berarti kalian tidak perlu repot-repot merawat rambut yang baru tumbuh. Tekstur rambut keriting yang saya miliki tentu saja membutuhkan perawatan ekstra dibanding dengan tekstur rambut lurus. Oleh karena itu produk yang saya pakai pun beragam. Berikut beberapa produk perawatan rambut yang saya gunakan:

- Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya baik untuk kulit dan wajah, tetapi juga untuk rambut. Beberapa orang yang saya temui menyarankan untuk memakai lidah buaya agar pertumbuhan rambutnya cepat dan sehat.
Memiliki kepala gundul bukan berarti tidak shampoo-an yah. Walaupun takaran shampoo yang saya pakai sedikit saja, tetapi tetap harus menjaga kebersihan kulit kepala. Produk shampoo yang saya pakai adalah Makarizo Royal Jelly Extract Conditioning Shampoo. Selain untuk rambut kering, produk ini juga harum dan harganya tergolong murah.

- Kriwil Conditioner
Bagi kalian yang memiliki rambut keriting, pasti tidak asing lagi dengan conditioner. Karena conditioner sangat membantu untuk melembutkan rambut. Nah, conditioner yang saya pakai adalah produk dari Eternaleaf dan Kriwil Indonesia yaitu Eternaleaf X Kriwil Conditioner 250ml. Produknya harum banget dan mampu melembutkan rambutku yang baru tumbuh.

Biasanya setiap 2 atau 3 kali seminggu, saya memakai masker rambut. Karena jujur sebelum gundul, saya sering memakai masker rambut lalu dibiarkan kering di kepala tanpa dibilas. Hasilnya rambut keritingku terbentuk dengan rapih, wangi, dan bervolume. Nah, walaupun sekarang rambut yang tumbuh masih sedikit, tapi saya tetap memakai masker rambut biar rambutnya tetap sehat. Masker rambut yang saya pakai adalah Makarizo Hair Mask Royal Jelly Extract. 

- Venon Vitamin Rambut

Ada tiga jenis produk Venon yang dijual dipasaran yaitu Ungu, Merah dan Hitam. Karena rambut yang saya miliki kering dan sempat rusak akibat rebonding, makanya saya memakai Venon Merah yang berfungsi untuk merawat rambut alami yang kusam dan rusak. Vitaminnya dapat melembutkan rambut dan wangi serta tidak lengket di tangan.

- Kriwil Hair Growth Oil and Scalp Treatment

Manfaat Castor Oil ini untuk membantu meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Produk ini cocok untuk kalian apalagi yang baru saja mencukur rambut dan menjadi gundul.

- Minyak Zaitun Jafra
Sebagai pengganti minyak urang aring, saya memakai produk minyak zaitun dari Jafra. Selain digunakan ke rambut supaya rambut jadi lebih lembut, saya juga sering mengaplikasikannya ke wajah. Selain itu, wanginya juga harum.

Nah, itulah beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum kalian memutuskan untuk menjadi gundul. Semoga infonya berguna yah..

Thank you for reading!


With love,

Sari~

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenali Dirimu dengan "Solo Travelling"

So, maybe this is the bravest thing that I've ever did.. Mengapa? Karena untuk pertama kalinya saya memberanikan diri untuk bepergian ke tempat yang bahkan saya gak tahu.. Dengan dua backpack, map, dan modal nekad akhirnya saya berangkat ke Bandung dan Jogja untuk memulai 'Solo Travelling' . Awalnya saya merasa sangat excited dengan semua persiapan yang telah saya lakukan ( booking hotel ,dll).. Tapi, yah namanya juga manusia.. pergi ke tempat yang asing dan gak kenal siapa-siapa, membuatku sedikit merasa khawatir dengan semuanya.. Tapi justru disitulah saya belajar untuk 'berani mempercayai diri sendiri'. Safe Flight Lettering Disambut dengan suasana malam kota Bandung yang terasa ramai dan padat, membuatku ingin berlama-lama di sana. Tetapi perjalanan harus dilanjutkan, karena tujuan pertama saya adalah Trip around Jogja , setelah itu baru Jelajah Bandung.. Malam itu pun, untuk pertama kali akhirnya saya bisa merasakan naik kereta (ndeso banget